DESA BOJA TERBAIK DALAM PELAKSANAAN PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA DI KAB. KENDAL TAHUN 2019

Desa Boja Kecamatan Boja berhasil meraih peringkat I dalam Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Tahun 2019 Tingkat Kab. Kendal setelah berhasil menyisihkan 19 Desa lainnya yang menjadi nominasi.

Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan adalah suatu upaya penilaian tingkat penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan yang didasarkan pada instrumen evaluasi perkembangan desa dan kelurahan guna mengetahui efektivitas dan status perkembangan serta tahapan kemajuan Desa dan kelurahan selama 2 (dua) tahun terakhir, yaitu Tahun 2017 dan Tahun 2018.

Kegiatan Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan diawali dengan evaluasi diri oleh 266 desa dan 20 kelurahan dengan menggunakan instrumen pengungkap data dan kelurahan guna memperoleh data tingkat perkembangan desa dan kelurahan dalam dua tahun terakhir. Data yang telah masuk kemudian diolah di tingkat kecamatan dan diperoleh desa dan kelurahan terbaik di tingkat kecamatan.

Dari hasil analisis dan validasi yang dilaksanakan oleh Tim Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan sejak tanggal 4 April sampai dengan 7 Mei 2019, didapatkan desa dengan skor tertinggi dari 3 indikator penilaian, yaitu Bidang Pemerintahan, Bidang Kewilayahan dan Bidang Kemasyarakatan. Hasilnya Desa Boja mendapatkan peringkat terbaik dengan nilai 486.

Adapun peringkat I sampai dengan V selengkapnya adalah sebagai berikut :

  1. Peringkat I         : Desa Boja Kec. Boja dengan nilai : 486
  2. Peringkat II        : Desa Pagersari Kec. Patean dengan nilai : 482
  3. Peringkat III       : Desa Gondoharum Kec. Pageruyung dengan nilai : 478
  4. Peringkat IV      : Desa Pucangrejo Kec. Gemuh dengan nilai : 456
  5. Peringkat V       : Desa Mororejo Kec. Kaliwungu dengan nilai : 452

Atas prestasinya ini, berdasarkan Keputusan Bupati Kendal Nomor : 411.3/228/2019 tanggal 13 Mei 2019, Desa Boja Kec. Boja akan mewakili Kab. Kendal dalam Perlombaan Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

About the author: Muhammad Zaenudin

Leave a Reply

Your email address will not be published.