Desa Kedunggading Kec Ringinarum, Kendal Juara 3 Pelaksana Terbaik Gotong Royong Masyarakat Tk Prov Jateng Th.2019

KEGIATAN BBGRM (BULAN BAKTI GOTONG ROYONG MASYARAKAT) KE 16 KABUPATEN KENDAL

Wakil peserta Bursa Pemberdayaan dari Kabupaten Kendal adalah BUMDes PERWITASARI dari Desa Tambaksari Kecamatan Rowosari yang memproduksi Abon Lele, Kripik Payale, Telur Asin Asap dan Rebus, Kripik Kulit Lele, Usus Crispy, Kue Akar Kelapa, Jahe, Kunyit, Temulawak Instan dan GEDONG MAJU MAPAN DARI Desa Gedong Kecamatan Patean yang memproduksi kopi kemasan dan siap saji, yang akan menempati stand urut 3 sesuai hasil undi, dikarenakan pembukaan akan dilaksanakan pada hari Senin pagi pukul 09.00 WIB, sehingga diharapkan peserta bursa pemberdayaan dapat loading/mempersiapkan barang yang akan di pamerkan mulai pada hari Minggu, serta stand dapat dibongkar pasca selesainya kegiatan tersebut pada hari Selasa siang pada tanggal 26 April 2018.


Persiapan Stand Bursa Pemberdayaan wakil dari BUMDes Ds. Gedong dan Ds. Tambaksari,
Kabupaten Kendal

Ir. Sugeng Riyanto saat memberikan sambutan pembukaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XVI dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-47 tingkat Provinsi Jawa Tengah di Desa Plumbon,

Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menggelar peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XVI dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-47 tingkat Provinsi Jawa Tengah di Desa Plumbon, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang. Kegiatan tersebut dimeriahkan dengan berbagai stan yang mengeksplore hasil usaha masyarakat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispermadesdukcapil) Jateng, Ir. Sugeng Riyanto dalam sambutan pembukanya mengungkapkan, ajang tahunan kali ini sengaja didesain untuk mengangkat potensi daerah yang ada di Jateng, dalam bentuk Bursa Pemberdayaan Masyarakat.

Menurut rencana, acara yang digelar selama dua hari 8-9 April 2019 ini nantinya juga akan ada Lomba Perencanaan Usaha (Business Plann) UP2K-PKK. Selain itu ada pula Sarasehan “Pencegahan Kekerasan dalam Rumah Tangga” (KDRT) yang dipandu oleh Ketua TP PKK Jateng, Siti Atiqoh Ganjar Pranowo.

Lebih lanjut Sugeng Riyanto menerangkan, dalam bursa pemberdayaan masyarakat ini ditampilkan berbagai macam stan. Disebutkannya ada 16 unit stan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang mewakili kabupaten/kota; dua unit stand desa berdikari; lima unit stan mitra BUMDes; serta 3 unit stan dari SKPD.

Ini sejak kemarin sudah ada yang membawa macam-macam, ada yang bawa batik, kopi, ukiran. Ada pula yang bawa padding, saya pikir mau dipasang, ternyata mau dipamerkan bahwa ini adalah bagian dari kegiatan BUMDes yang saat ini sedang booming, yaitu berwisata melalui padding.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan, dan Pencatatan Sipil (Dispermasdesdukcapil) Jawa Tengah menggelar kegiatan pameran produk dan inovasi desa di Jateng. Kegiatan dalam rangka memeriahkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tahun 2019 digelar

 di Lapangan Desa Plumbon, Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang

Dia melanjutkan, dari unsur SKPD ada yang membawa mobil pajak. Sehingga, warga bisa memanfaatkannya di lokasi. “Siapapun yang nunggak pajak kendaraan, dari BPPD telah memasang mobilnya, dan bisa bayar secara langsung. Dan ada hadiah menarik yang sudah disediakan.

Dandim 0714/Salatiga Letkol Prayogha Erawan berfoto bersama Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha beserta Kapolres Semarang AKBP Adi Sumirat, Kepala Dispermasdesdukcapil Provinsi Jateng Ir. Sugeng Riyanto di depan salah satu stan peserta Pencanangan BBGRM XVI dan Peringatan HKG PKK Ke – 47

 tingkat Provinsi Jateng tahun 2019, dilapangan Desa Plumbon, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang.

Tak hanya itu, warga juga dapat mengurus KTP di stan pelayanan administrasi kependudukan. “Warga masyarakat yang ada di sini, utamanya masyarakat Kabupaten Semarang yang ingin mencetak KTP. Bisa melakukan di stan Disdukcapil, sehari langsung jadi,” jelasnya.

Selaku ketua panitia, Sugeng berharap, acara tersebut bisa mengangkat potensi-potensi desa. Utamanya produk yang dihasilkan atau dikelola oleh masing-masing BUMDes di Jateng. “Moga-moga pameran ini menginspirasi untuk lebih meningkatkan kreatifitas, baik dari BUMDes maupun dari PKK setempat yang umumnya sebagai pengelola BUMDes.

Diakhir sambutan ia berpesan agar peringatan BBGRM bisa meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat, serta memperkuat kesadaran bersama dalam pelaksanaan pembangunan secara gotong royong. Apalagi, katanya, gotong royong ini adalah akar budaya yang sudah lama membumi di negara ini.

“Makanya setiap tahun harus digelorakan, salah satunya dengan peringatan bulan bakti gotong royong,” tandasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kendal, Wahyu Hidayat, S.H, M.H bersama Kepala Desa Kedunggading Kecamatan Ringinarum, Budiyono, S.Kom didampingi staf Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa sedang menunjukkan Piala dan Penghargaan atas Juara III dalam rangka Pelaksana Terbaik Gotong Royong Masyarakat kategori Desa Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2019

Mengaskan hal serupa, Bupati Semarang, Mundjirin selaku tuan rumah kegiatan merasa bersyukur acara tersebut bisa terselenggara di daerahnya. Menurutnya, kegiatan hari ini tidak terlepas dari peran warganya yang pada tahun lalu berhasil membuat Desa Plumbon mendapat predikat Pelaksana Gotong Royong Terbaik di Jawa Tengah.

About the author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.